Sabtu, 18 April adalah Hari Radio Amatir Sedunia (WARD), tahun ini menandai peringatan 95 tahun Persatuan Radio Amatir Internasional (IARU). Di seluruh dunia, stasiun acara khusus radio amatir – yang disponsori oleh anggota IARU – akan menandai acara tersebut di udara, dimulai pada 18 April pukul 0000 UTC dan berlanjut hingga 19 April pukul 0000, mengasah keterampilan dan kemampuan sambil menikmati persahabatan global dengan amatir lain di seluruh dunia. Tema untuk WARD adalah “Merayakan Kontribusi Radio Amatir untuk Masyarakat.” Presiden IARU, Tim Ellam, VE6SH / G4HUA, mencatat bahwa pandemi COVID-19 membuat peristiwa ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Beberapa minggu yang lalu, banyak dari kita tidak bisa membayangkan tingkat isolasi yang kita hadapi sekarang dan pengorbanan banyak orang di garis depan pandemi,” kata Ellam. “Seperti yang telah kami lakukan dalam tantangan masa lalu kepada masyarakat kami, radio amatir akan memainkan peran penting dalam menjaga orang-orang tetap terhubung dan membantu mereka yang membutuhkan dukungan.”

Ellam mengatakan dia keluar dari isolasi 14 hari sendiri setelah kembali dari luar negeri. “Saya tersentuh oleh kebaikan orang asing yang membantu saya ketika saya tidak bisa meninggalkan rumah saya,” katanya. “Itu mengejutkan saya operator radio amatir, yang memberi begitu banyak selama masa krisis ini tidak terbatas pada membantu melalui udara. Para amatir adalah sukarelawan sejati, dan saya akan mendorong semua orang untuk membantu di masyarakat sesuai kemampuan mereka. ”

Pada 18 April 1925, IARU dibentuk di Paris, dengan salah seorang pendiri ARRL Hiram Percy Maxim, 1AW, hadir. Para amatir radio adalah yang pertama kali menemukan bahwa spektrum gelombang pendek dapat mendukung propagasi di seluruh dunia, dan dengan tergesa-gesa untuk menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek ini, radio amatir mendapati dirinya “dalam bahaya besar untuk didorong ke samping,” seperti yang dikatakan sejarah IARU. Dua tahun kemudian, di International Radiotelegraph Conference, radio amatir memperoleh alokasi yang masih diakui sampai sekarang – 160, 80, 40, 20, dan 10 meter. Dari 25 negara awal, IARU telah berkembang untuk memasukkan 160 anggota masyarakat di tiga wilayah.

 

World Amateur Radio Day – 95th Anniversary of IARU

2 thoughts on “World Amateur Radio Day – 95th Anniversary of IARU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *